Adf.ly

AdF.ly - shorten links and earn money!
 

PROXY SERVER


1.     Pengertian Proxy Server

Proxy server bekerja dengan menjembatani komputer ke Internet. Program Internet seperti browser, download manager dan lain-lain berhubungan dengan proxy server, dan proxy server tersebut yang akan berkomunikasi dengan server lain di Internet.

2.     Konfigurasi Proxy Server

a.     Install paket squid, dengan perintah :  apt-get install squid
b.    Edit isi file squid.conf yang terdapat dalam direktori /etc/squid/.

3.     Cara Kerja Proxy Server

a.       Cara kerja proxy server adalah client yang tersambung dengan proxy server dan meminta layanan tertentu seperti file, koneksi, akses web page, ataupun lainnya. Proxy server yang digunakan akan mengevaluasi permintaan layanan tersebut sesuai dengan aturan filternya. Sebagai contoh, proxy server dapat menyaring traffic berdasarkan IP (Internet Protocol) address. Jika permintaan itu divalidasi oleh fiternya, maka proxy akan menyediakan apa yang diminta dengan menyambung ke server yang diminta dan meminta layanan dari server tersebut untuk clientnya.
b.      Proxy server memiliki lebih banyak fungsi daripada router yang memiliki fitur packet filtering karena memang proxy server beroperasi pada level yang lebih tinggi dan memiliki kontrol yang lebih menyeluruh terhadap akses jaringan.
c.       Proxy server beroperasi pada layer Aplikasisebagai proxy dan juga beroperasi pada level sirkuit.


Belajar dan Berbagi

Post a Comment

Belajar dan Berbagi
 
Top